Rahasia Google untuk mendapatkan SEO terbaik untuk Youtube
Bagi rekan-rekan yang
bergelut dengan dunia internet marketing tentu sudah paham betul besarnya
pengaruh dan kekuatan dari situs berbagi video Youtube. Sebagai gambaran saja,
Youtube merupakan salah satu situs dengan jumlah pengunjung harian terbesar di
bawah Google serta media sosial Facebook.
Selain
itu, situs ini juga sukses menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google,
dengan jumlah pencarian mencapai 30 juta pencarian
setiap hari. Tidak berlebihan kemudian jika banyak IMers menyebut Youtube
sebagai salah satu ladang mengeruk dollar yang paling potensial.
Dari
situlah kemudian banyak berfikir dan mencari tahu seperti apa sih cara untuk memenangkan
persaingan pencarian video di situs Youtube. Salah satunya tentu melibatkan
peran search engine optimization alias SEO.
Dan hampir
sama seperti teknik yang diterapkan pada hasil pencarian Google, nyatanya ada
beberapa trik khusus yang bisa kita pakai untuk mendapatkan posisi pencarian di pejwan Youtube.
Pada
panduan kali ini, kita akan mempelajari beberapa poin penting untuk bisa
memenangkan persaingan pencarian di halaman pertama situs Youtube.
Terapkan beberapa poin tersebut secara maksimal dan lihat hasilnya dalam
beberapa waktu ke depan.
Langsung saja, mari
kita mulai dari poin pertama.
-Mencari
Video Keyword
Seperti
yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa pada dasarnya teknik SEO yang
diterapkan pada Youtube tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan Google.
Tahap pertama kita harus mencari keyword atau bahasa kerennya keyword research.
Namun
berbeda dengan pencarian keyword untuk Google, kita harus menemukan apa yang
disebut dengan Video Keyword. Video Keyword merupakan
sebuah keyword yang tidak hanya dicari melalui Youtube namun juga muncul pada
halaman pertama hasil pencarian Google.
Untuk
mempermudah, rekan-rekan bisa melihat gambar di bawah ini :
Bisa dilihat bahwa
keyword “cutest cat” menampilkan hasil pencarian halaman pertama Google yang
dipenuhi dengan video Youtube. Keyword semacam inilah yang bisa
dikategorikan sebagai video keyword, karena tidak hanya dicari melalui Youtube,
video dengan keyword ini juga akan tampil dalam halaman pertama hasil pencarian
Google.
Secara
umum ada beberapa tipe dari video keyword yakni:
-Keyword How to (menerangkan tentang cara
membuat atau melakukan sesuatu)
-Keyword Review (mereview produk atau
sesuatu)
-Keyword Tutorial (menerangkan
langkah-langkah atau sebuah proses)
-Keyword Fitness (umumnya berhubungan dengan
olahraga atau fitness)
-Keyword Funny Video (tentang video-video
lucu)
Tentu banyak
pertanyaan mengapa video keyword ini begitu penting?
Secara
sederhana, silahkan dibayangkan jika kalian bisa menemukan sebuah keyword yang
tidak hanya dicari melalui Youtube namun juga dicari melalui Google dan video
kalian akan tampil di halaman pertama Google, tentu potensi mendapatkan views
dan engagement tentu akan lebih besar bukan.
-Cara mencari video keyword
Setelah mengetahui
seperti apa video keyword tersebut, lantas bagaimana cara mencarinya?
Cara yang termudah
tentu seperti yang telah ditunjukkan pada gambar sebelumnya. Kita tinggal
mencari sejumlah keyword yang berhubungan dengan channel Youtube yang akan kita
kembangkan.
Setelah kita
menemukan sejumlah keyword, kita bisa langsung mencarinya di Google. Jika ada
video Youtube yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, maka
keyword tersebut sangat tepat untuk kalian targetkan.
Bonus
Tips: usahakan nantinya
video keyword tersebut memiliki jumlah pencarian bulanan sedikitnya 300. Caranya tentu kita bisa melihat melalui fasilitas
Google Keyword planner atau menggunakan fasilitas keyword research lainnya.
Karena angka pencarian bulanan atau monthly search 300 mempunyai potensi aliran
trafik yang sudah cukup bagus.
Lebih besar lagi
tentu semakin mantap. Tapi ingat juga persaingannya ya.
-Buat
Video & Channel Youtube yang Menarik
Setelah kita
mengetahui tentang rahasia video keyword, langkah berikutnya adalah membuat
video serta channel Youtube yang menarik. Pada tahap ini, kita akan berusaha
untuk membuat kesan yang baik di mata Youtube dan viewers melalui video serta
channel yang kita buat.
Jika kita
berbicara tentang kualitas video, mungkin banyak yang berpikir bahwa video yang
bagus selalu dibuat dengan peralatan perekam yang bagus pula. Nyatanya tidak
selalu seperti itu, bahkan jika kita tidak mempunyai peralatan kamera yang mumpuni,
kita masih punya kesempatan dengan membuat video dengan konsep screen capture
alias merekam kegiatan di layar komputer kita atau bisa juga dengan membuat
video Slideshow.
Sebelumnya
ditekankan bahwa, tutorial kali ini lebih banyak mengarahkan bagaimana
membangun video serta channel yang berkualitas tanpa menggunakan teknik SEO
yang dilarang.
Yang
terpenting adalah kita mengetahui beberapa fokus utama yang dijadikan tolak
ukur Youtube untuk melakukan rangking video kita.
1.
Faktor Perangkingan
Pertama-tama,
harus kita pahami bahwa video di Youtube tidak bekerja seperti layaknya blog
atau website dalam hal perangkingan. Jika di Google, ada istilah backlink yang
bisa digunakan untuk menentukan kualitas sebuah blog atau website, Youtube
tidak ada yang seperti itu (kecuali meng-embbed video pada blog atau situs
lain).
Yang lebih diperhatikan sebenarnya adalah beberapa poin berikut ini :
-Video Retention
Video
retention merupakan persentase dari seberapa banyak orang yang melihat video
kita kemudian melihat kembali video kita yang lain. Semakin banyak orang yang
kembali untuk menonton video kita, maka semakin baik pula ranking Youtube kita.
Data ini bisa kita amati di dashboard akun Youtube kita.
-Komentar
Semua
komentar yang masuk pada sebuah video bisa menjadi penanda bahwa video tersebut
memang memberikan dampak pada penonton yang akhirnya di tempatkan Youtube pada
posisi atas. Terlepas dari komentar tersebut positif atau negatif, sangat saya
sarankan untuk aktif memberi tanggapan pada komentar yang masuk.
-Thumbs up/Thumbs down
Tombol
like yang ada di bagian bawah video, juga menjadi penilaian utama sebuah video
dinilai baik atau tidak di mata Youtube.
-Subscribe
Sangat
sering kita dengar, channel dengan subscriber besar umumnya bisa masuk pada
halaman pertama hasil pencarian Youtube dengan lebih mudah. Terlebih jika
banyak penonton video kita yang kemudian langsung subscribe setelah menonton
video kita, efeknya akan lebih gurih lagi.
-Share
Semakin
banyak penonton yang melakukan share video kita melalui media sosial maupun
situs populer lain, besar kemungkinan video kita bisa menyodok di papan atas
hasil pencarian.
2. Buat
Video Di atas 5 Menit
Jika kita
teliti kembali, banyak dari video yang muncul pada halaman pertama hasil
pencarian Youtube, panjangnya lebih dari 5 menit. Bahkan beberapa diantaranya
mencapai waktu lebih dari 1 jam.
Mungkin kebanyakan
dari kita akan kesulitan jika membuat video yang terlalu panjang. Namun angka 5
menit, merupakan batas minimum yang harus kita usahakan. Secara teori, umumnya
lebih panjang tentu lebih baik.
Namun, hal ini tanpa
mengesampingkan kualitas dari video kita ya. Karena bisa dibayangkan, jika kita
membuat sebuah video yang dipaksakan terlalu
panjang dan nyatanya tidak benar-benar menarik, maka penonton juga takkan
segan untuk segera meninggalkan video kita atau bahkan menekan tombol dislike.
3. Dandani Channel Youtube
Ini yang
tidak banyak disadari oleh mereka yang ingin eksis di Youtube. Umumnya mereka
hanya terfokus pada bagaimana membuat video saja. Namun ada satu rahasia lagi,
yakni dengan membuat channel Youtube yang terlihat profesional, karena ternyata
tampilan channel yang lengkap juga menjadi pertimbangan Youtube untuk
“mengangkat” posisi video kita.
Lalu apa yang harus
dilakukan.?
Pertama kita bisa
menambahkan link secara lengkap dari akun media sosial atau website milik kita.
Link ini akan muncul di bagian “About” dalam channel
kita.
Kemudian
jangan lupa, menambahkan gambar dari channel. Gambar ini meliputi logo, serta
gambar dinding yang berukuran lebih besar. Tips tambahannya adalah untuk
semakin memperkuat faktor SEO, berikan nama file gambar tersebut dengan keyword
yang kita bidik dalam pengembangan channel Youtube.
Selanjutnya, jangan
lupa tambahkan deskripsi tentang channel kalian. Dalam deskripsi ini kita bisa
mencantumkan tujuan pembuatan channel atau penjelasan tentang tema video yang
banyak diangkat. Di dalamnya kita juga bisa menambahkan kata-kata yang bersifat
LSI atau turunan dari keyword yang kita bidik. Kita bisa menggunakan tools
gratis seperti LSIgraph.com atau yang
lainnya.
4. Buat Custom Thumbnails
Thumbnails
dari video yang kita buat nyatanya juga memberi efek yang sangat besar terhadap
perkembangan dari video tersebut, meskipun tidak secara langsung mempengaruhi
ranking Youtube, setidaknya ini sangat berpengaruh pada penonton kita. Akan
lebih baik jika kita membuat custom Thumbnails.
Yang perlu
diperhatikan, buatlah custom Thumbnails yang mampu menarik keingintahuan
penonton untuk membuka video kalian. Namun jangan sampai menggunakan custom
thumbnail yang menjebak, dengan
gambar yang sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan isi video kita,
Ini justru akan
memperburuk citra kita di mata penonton.
Di bawah
ini contoh Thumbnails dari channel vlogger Indonesia Edho Zell. Selain kreatif, thumbnails imut ini juga
sangat menarik dan memicu klik tentunya.
5. Buat Sebuah Playlist
Playlist
merupakan daftar beberapa video dengan tema yang sama dan ternyata fitur ini
juga menyumbang faktor SEO yang cukup kental dan pastinya bisa kita manfaatkan.
Cara yang
paling mudah yakni membuat playlist dengan judul keyword yang sedang kita bidik.
Setelah itu, kita bisa memasukkan beberapa video yang kita miliki.
Bonus Tips: kita bisa tambahkan beberapa video dari channel lain yang mempunyai tema sejenis dan video tersebut sudah cukup populer.
Secara
tidak langsung, playlist ini juga akan membuat video kita muncul dalam
daftar “related video” dari video populer yang kita masukkan dalam
playlist tersebut. Serta bukan tidak mungkin playlist tersebut akan muncul pada
hasil pencarian Youtube, yang artinya kita juga akan mendapat tambahan views.
Legit kan.
-Membangun
On Page SEO
Pada tahap
ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan yakni meliputi nama file,
judul, deskripsi serta tags dari video yang kita upload.
-Judul Video
Kemudian yang kedua,
judul video. Banyak info yang bertebaran, menyebut bahwa judul video harus
dimulai dengan keyword yang kita bidik. Namun terkadang, adakalanya keyword
tersebut dirasa kurang pas jika dituliskan pada awal judul video.
Selain itu, dari pengamatan
saya di beberapa hasil pencarian keyword Youtube, banyak juga video yang masuk
jajaran halaman pertama, nyatanya tidak menuliskan keyword di awal judul videonya.
Oleh karena itu, mungkin yang terbaik adalah untuk tetap memasukkan keyword dalam judul video, setidaknya di bagian awal jangan terlalu di bagian akhir.
-Deskripsi video
Berikutnya mengenai deskripsi video, di sinilah sebenarnya
Berikutnya mengenai deskripsi video, di sinilah sebenarnya
bagian yang paling
penting. Karena deskripsi video, merupakan bagian dari video kita yang bisa
“dibaca” oleh sistem Youtube. Oleh karena itu jika kita, ingin
mendapatkan posisi pertama di hasil pencarian Youtube, upayakan untuk menulis
deskripsi yang tidak hanya panjang tapi juga lengkap.
Secara
lengkap, berikut ini template dari deskripsi video Youtube yang bisa kalian gunakan:
-Untuk bagian awal deskripsi, taruhlah link
dari video kita.
-Masukkan beberapa keyword tertarget pada 25
kata awal.
-Buatlah deskripsi, setidaknya sepanjang 250
kata, lebih panjang lebih
baik.
-Gunakan juga keyword turunan
atau LSI untuk memperkaya deskripsi video kita.
-Masukkan Link jika diperlukan,
semisal video kita membahas reviews, bisa kita masukkan link dari affiliate
produk tersebut, atau yang lainnya.
-Tags Video
Dan yang
terakhir adalah tags. Ini juga menjadi bagian yang sangat penting karena tags
merupakan keterangan dari video yang menentukan bagaimana Youtube memposisikan
video kalian.
Lengkap sudah panduan tentang teknik SEO untuk video Youtube. Terapkan semua tips tersebut atau setidaknya pilih beberapa tips yang bisa kalian kerjakan dengan maksimal dan konsisten.
Punya tambahan tips.? Boleh share di kolom komentar.
Lengkap sudah panduan tentang teknik SEO untuk video Youtube. Terapkan semua tips tersebut atau setidaknya pilih beberapa tips yang bisa kalian kerjakan dengan maksimal dan konsisten.
Punya tambahan tips.? Boleh share di kolom komentar.
Semoga bermanfaat dan selamat
mencoba.
😊 Terima kasih sudah membaca 😀
No comments